Powered by Blogger.

Tuesday, February 25, 2014

Resep Soto Betawi Ala Dapur Gue

Resep Soto Betawi Ala Dapur Gue

Setelah kemarin gue baru selesai menulis resep martabak manis mini yang enak, si mamah bingung mau masak apa ya untuk makan siang. Dalem hati gue kasian sama dia soalnya lagi sakit tuh orang, tapi perut gue emang udah lumayan keroncongan minta diisi. Mana cuaca lagi dingin begini...akhirnya gue mengambil keputusan untuk masak soto betawi karena pas banget dimakan kalo cuaca lagi dingin kayak gini, tapi rencanaya mau masak diem-diem tanpa sepengetahuan dia.

Dengan maksud mau kasih kejutan sama si mamah, akhirnya gue suruh mamah tidur aja dan gue bilang sama dia kalo hari ini gak usah masak dulu. karena gue mau pergi sebentar ke supermarket dalam rangka mau kasih kejutan untuk masak sesuatu yang enak dan emang masakan kesukaannya. Apalagi kalo bukan soto betawi.


Setelah mamah tertidur pulas, gue pergi diem-diem sama anak gue si aquilla ke supermarket terdekat untuk beli perlengkapan bumbu-bumbu soto betawi yang enak, sementara si mamah sudah nyenyak banget dan gue tinggal sebentar di rumah.


Singkat cerita akhirnya setelah sampai di rumah, gue langsung siap-siap untuk langsung masak soto betawi yang enak. Karena udah pernah buat masakan khas betawi ini sebelumnya, jadi gue gak ada kendala untuk membuatnya. Sebelum masuk ke resep, gak ada salahnya kalo kita ketahui dulu sedikit sejarah soto betawi.

Menurut sumber yang gue dapet dari wikipedia “Istilah soto Betawi hadir dalam kuliner masakan Indonesia sekitar tahun 1977-1978, tapi bukan berarti tidak ada soto sebelum tahun tersebut. Yang mempopulerkan dan yang pertama memakai kata soto Betawi adalah penjual soto di THR Lokasari / Prinsen Park, tentunya dengan ciri khas cita rasa sendiri. Banyak penjual soto pada masa tahun-tahun tersebut, biasanya menyebut dengan soto kaki Pak "X" atau sebutan lainnya. Istilah soto Betawi mulai menyebar menjadi istilah umum ketika penjual soto tersebut tutup sekitar tahun 1991”. Nih, gue kasih tau resepnya 

Bahan untuk membuat soto betawi enak
1/2 kg daging sapi has dalam
Air secukupnya
6 cm kayu manis
10 butir cengkeh
1/2 buah pala yang diparut
2 batang sereh yang dimemarkan
Garam secukupnya
Merica secukupnya
Gula secukupnya
Buah tomat yang dipotong kotak-kotak
2 Batang daun bawang yang diiris tipis
Bawang goreng secukupnya
Emping goreng secukupnya
Santan instan ukuran besar 1 kotak

Bumbu soto betawi yang dihalusin
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm jahe
4 butir kemiri

Cara membuat soto betawi yang enak
- Rebus Daging dengan air secukupnya sampai lunak, kalo udah angkat daging potong kotak-kotak dan sisihin air kaldunya
- Tumis bumbu yang udah dihalusin sampai harum
- Masukkin bumbu yang udah di tumis kedalem air kaldu, tambah kayu manis, cengkeh, buah pala yang sudah diparut, sereh
- Masukkin santan instan kedalam kuah soto aduk dan kasih garam, gula dan merica secukupnya masak sampai mendidih
- Siapin mangkok masukkin potongan daging, potongan tomat, daun bawang dan bawang goreng. Tabuin emping, kasih sedikit kecap manis dan tuang kuah soto

Hasilnya mmmhhhh....mantap banget, akhirnya setelah sotonya mateng gue bangunin mamah dan dia seneng banget udah gue bikinin masakan kesukaannya.


Oke deh, akhirnya kejutannya berhasil. Sampe ketemu di resep yang lain yaa...

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 2:07 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment