Powered by Blogger.

Friday, February 28, 2014

Resep Ayam Goreng Saus Mentega Spesial Dapur Gue

Resep Ayam Goreng Saus Mentega Spesial Dapur Gue

Hai ketemu lagi guys dengan resep yang berbeda dan tentunya pasti gampang dan praktis banget untuk dipraktekkin sama loe semua. Resep yang gue tulis hari ini judulnya resep ayam goreng saus mentega spesial, kenapa ada embel-embel spesialnya ya?? kayaknya dimana-mana ayam goreng mentega sama semua tuh...oke, ntar gue ceritain kenapa hidangan ayam ini jadi begitu spesial.

Ceritanya gini, kemaren malem kita bertiga ada rencana mau cari makan di luar. Singkat cerita akhirnya gue dan mamah sepakat untuk makan di restoran chinese food aja, disana kita pesen macem-macem lauknya termasuk ayam goreng mentega yang emang gue pesen khusus buat gue sedangkan mamah sama quilla pesen makanan lain. Setelah makanan datang kita langsung makan dengan lahap dan pastinya saling cicip-cicipan, di luar dugaan ternyata si quilla suka banget sama ayam goreng mentega dan akhirnya makanan itu gue bagi dua sama dia.

Nah..siang ini si mamah ceritanya udah masak menu makanan yang sangat sederhana dan bersahaja. Waktu mau makan siang tiba-tiba si Quilla nangis kenceng banget bikin kita berdua jadi kaget setengah mati, setelah di tanya kenapa dia nangis kayak gitu, baru deh dia bilang gak mau makan telor dadar daan...minta di buatin ayam goreng mentega kayak yang tadi malem. Hadeehh...ada-ada aja, si mamah disuruh masak lagi. Akhirnya mamah mau nggak mau masak lagi buat dia, untung aja buat ayam goreng mentega itu gampang banget. 



O iya..sekedar informasi yang gue baca di okefood ternyata ayam goreng mentega itu bukan masakan dari cina! lho kok bisa begitu?? ceritanya beginii..waktu jaman penjajahan Kumpeni alias Belanda dulu, resep ayam goreng mentega di bawa oleh orang-orang Belanda. Tapi karena sering dimasak oleh koki yang berasal dari Cina yang ada di Indonesia, jadilah hidangan ini kayaknya masakan asli Cina padahal dari Belanda. Makanya ada saus Inggris dan mentega yang jadi bahan dasar utamanya.

Oke deh kalo gitu gue kasih tau gimana cara buat ayam goreng mentega ya...

Bahan Ayam Goreng Mentega
3 potong paha ayam bagian atas sama bawahnya ( potong lagi jadi kecil-kecil )
Garam 
Merica putih bubuk 
Gula pasir
Kecap manis secukupnya
Kecap Inggris secukupnya
Minyak goreng
Mentega sesuai selera
2 siung bawang putih ( dicincang )
1 buah bawang bombay iris panjang-panjang
1 buah paprika potong kotak

Cara membuat ayam goreng mentega yang enak
- Bersihkan ayam, balurin sama garam dan merica ( diemin sebentar kira-kira 10 menit )
- Goreng ayam sama minyak yang panas pake api ukuran sedang sampe mateng terus angkat
- Di wajan yang laen panasin mentega terus tumis bawang putih sama bawang bombay sampe harum
- Masukin kecap inggris, garem, merica, sama gula pasir terus aduk sampe kental (Jangan lupa di cicipin kalo ada yang kurang tinggal tambahin)
- Masukin ayam sama paprika terus aduk sampe semua ayam gorengnya rata kena saus
- Kalo udah ya tarok di piring

Nah gampang khan guys? akhirnya si quilla pun makan tuh ayam sama nasi putih dengan lahap. O iya..yang buat ayam ini jadi spesial adalah ketika gue dan mamah makan telor dadar pake sayur lodeh sama sambel terasi dengan maksud mau ngirit, sementara si quilla makan ayam goreng mentega.. hmmmm dasar tuh anak...jadi sebenernya ayam goreng mentega yang dimasak hari ini adalah ayam goreng mentega spesial buat quilla hahaha.....sampe ketemu lagiii...









ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 1:51 AM Kategori:

1 comments:

  1. 5X titanium damascus knives
    10 Blades titanium network surf freely – Steel – Steel, Titanium, and Steel. Our blades used ford escape titanium are snow peak titanium flask crafted in titanium frames. Manufacturers offer custom apple watch stainless steel vs titanium made and titanium hair straightener high quality

    ReplyDelete