Powered by Blogger.

Sunday, February 23, 2014

Resep Martabak Manis Mini Rumahan

Resep Martabak Manis Mini Rumahan


Resep Martabak Manis Mini Rumahan Buatan Bini Gue

Hadeehhh...emang yang namanya gue tuh gak ada kenyang-kenyangnya. Cerita ini sebenernya cerita sambungan dari kemaren pagi, ceritanya sore-sore gue pengen banget makan yang namanya martabak manis. Mau keluar beli martabak lagi males...hujan deres banget! mau nyuruh orang buat beli martabak, gak ada yang bisa di suruh. Terus gue mikir apa bikin aja ya?? si mamah khan ada resep martabak manis mini praktis banget ala rumahan. Ya udah, akhirnya gue nekat buat bikin sendiri tuh martabak manis mini.



Akhirnya gue mulai wawancarain si mamah dengan penuh konsentrasi, selembar kertas dan sebuah pulpen sudah siap untuk memulai investigasi "bagaimana cara membuat martabak manis mini dengan baik dan benar" akhirnya selesai wawancara, gue langsung menuju dapur dan praktek bikin martabak manis mini. Semua bahan sudah siap dan akhirnya tiba saatnya untuk dimasak. Coba tebak apa yang terjadi??? martabak yang gue bikin gagal total dan malahan jadi kayak crepes.

Saat itu juga gue bilang sama istri gue kalo martabaknya gagal "mah...martabaknya gagal, jadinya kayak crepes!" kata mamah "hah?? kok bisa??" Gue jawab lagi " gak tau???" singkat cerita, habis membahas martabak gagal itu, si mamah yang emang udah ahli banget bikin martabak langsung menuju ke dapur. Terus dia lihat tuh martabak yang bentuknya jelek banget.


Ngeliat gue yang pengen banget makan martabak manis kayak orang yang lagi ngidam, akhirnya si mamah mengambil alih semua pekerjaan gue.


Yeeess, alhamdulillaahh... akhirnya si mamah yang bikin, gue seneng banget doonk...karena gue tau martabak manis bikinan si mamah emang ennaaakkkk banget. Malahan tukang martabak manis yang jualan di pinggir jalan itu pada kalah semua rasanya.

Sekedar informasi tentang martabak manis yang gue dapet dari wikipedia "Martabak manis, atau terang bulan, atau kue bulanatau Apam Balik adalah penganan sejenis kue dadar yang biasa dijajakan di pinggir jalan di Indonesia dan Malaysia khususnya Sabah. Nama penganan ini bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Bagi daerah yang menamakannya kue bulan atau terang bulan, penggemarnya merasa bingung mengapa kue ini dinamakan "martabak" karena sama sekali berbeda dengan penganan lain yang juga bernama martabak. Namun bagi daerah yang terbiasa menamakannya martabak manis, maka penganan martabak terbagi dua menjadi martabak manis atau martabak asin. Di Malaysia penganan ini dinamakan apam balik, kue atau martabak terang bulan, Martabak Bangka, kue pinang, bandung, atau Martabak Jepang. Di Pontianak makanan ini dinamakan apam pinang".

Oke kalo gitu gak pake lama-lama lagi, gue kasih tau loe semua resep martabak manis mini yang praktis ini

Bahan Buat bikin martabak manis rumahan
1 cangkir susu cair
1 butir telor ayam
1 cangkir terigu
Gula seperlunya
Garem jangan banyak-banyak ( dikit aja)
1sdt peres baking soda
1/2 cangkir air putih
Teflon anti lengket yang ukuran sedeng tapi agak kecil

Cara membuat martabak manis mini rumahan
1. Susu, terigu, baking soda, gula, garem dicampur semua jadi satu terus aduk sampe rata
2. Pisahin antara kuning telor sama putihnya
3. Yang kuningnya masukin ke campuran tepung terus aduk yang rata, yang putihnya kocok yang lama sampe berbusa terus masukin juga ke dalem adonan, aduk lagi yang rata sambil dituang air yang 1/2 cangkir sedikit-sedikit ( inget ya, harus rata dan haluuss banget jangan sampe salah)
4. Panasin teflon pake api sedeng selama 5 menit, setelah 5 menit kecilin dikit aja apinya
5. Langsung masukin adonan pake irus, tabur gula pasir dikit tunggu sampe ngembang terus keliatan lobang-lobang kecil
6. Liat bawah martabak pake pisau roti, kalo udah coklat dan kelihatan garing langsung angkat
7. Kasih toping pake mentega/butter, coklat, keju, kalo gue suka pake pisang sunpride yang dipotong tipis terus baru kasih susu kentel manis
8. Kalo udah dikasih toping terus lipet tuh martabak, kasih olesan mentega/butter lagi di bagian luar kulit martabaknya.
Catetan: resep di atas untuk 4 potong martabak manis mini

Itulah resep martabak manis mini rumahan legendaris buatan si mamah yang asli enannak banget!. Lihat penampakannya dibawah

Resep Martabak Manis Mini Rumahan


Setelah martabak manisnya jadi, langsung gue lahap semua tanpa sisa....sampe si quilla ngeliatin muka rakus gue. Kayaknya gue tau deh dia ngomong apa deh


Oke, sekian dan terimakasih. Sampai jumpa lagi di resep berikutnyaaa....

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 7:46 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment